Inilah Sparepart Motor yang Sering Rusak


Di zaman serba canggih seperti saat ini, memiliki sebuah sepeda motor sendiri nampaknya menyenangkan. Dengan begitu, siapapun dapat berpergian keliling kota dengan cepat dan efisien, baik dalam mobilitas maupun bahan bakar yang hemat. Namun pernahkah Anda mengalamai ketika sedang di tengah perjalanan ternyata motor Anda mogok? Atau saat motor dikendarai, justru terasa tidak lancar jalannya?
Banyak hal yang membuat motor mati mendadak atau berasa ada yang aneh saat dikendarai. Biang keladi terjadinya hal semacam itu dipelopori oleh kurang diperhatikannya sparepart motor, hingga ia menjadi rusak. Demi menjaga kualitas sepeda motor, Anda perlu memperhatikan spare part motor yang kerap kali sering rusak sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara, sebagai berikut;

Kampas Rem

Kampas rem motor merupakan komponen utama yang sering sekali digunakan. Oleh karena tingginya pemakaiannya, tak jarang membuatnya aus. Hal ini dapat terjadi pada motor yang menggunakan sistem rem tromol ataupun cakram. Untuk memperpanjang usianya, gunakanlah selalu kampas rem berkualitas, original, teruji kualitasnya, dan tentunya yang direkomendasikan oleh pabrikan motor itu sendiri. Selain itu, Anda pun perlu mengecek setelan rem, jangan terlalu kencang, dan jangan pula terlalu kendor.

Bohlam

Bohlam motor sangat berguna saat malam hari sebagai penerang motor di gelapnya suatu malam. Menilik nilai kegunaannya, ternyata part motor ini juga cepat banget rusaknya. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh kualitas bohlam yang agak kurang bagus. Bohlam yang kami sebutkan disini tidak hanya bohlam bagian depan saja ya, namun secara menyeluruh.
Kerusakan pada bohlam ini, tidak melulu dipengaruhi oleh kualitas bohlam itu sendiri, namun bisa juga dipengaruhi oleh kelistrikan motor itu sendiri. Yang terpenting ialah Anda rutin mengecek kondisi keduanya secara berkala demi hasil optimal.

Busi


Busi memiliki fungsi yang sangat vital dalam pengoperasian suatu sepeda motor. Oleh karena fungsinya yang vital, maka seharusnya busi selalu dicek kondisinya. Tahukah Anda, bahwa sparepart motor yang satu ini merupakan sparepart yang paling sering mengalami kerusakan  hingga mengganggu perjalanan.
Hal yang membuat rusaknya busi ialah faktor usia / jangka waktu pakai yang telah melewati batas pemakaian. Selain itu, busi bisa mati dan rusak ketika terkena cairan, walaupun hanya berupa air biasa. Cairan yang masuk pada bagian busi biasanya masuk ke dalam rongga busi. Cairan itu pun dapat berasal dari oli mesin, yang mana oli mesin itu naik ke ruang pembakaran, sehingga busi menjadi basah dan tidak mampu lagi memercikkan bunga api.
Jika saat permasalahan motor Anda terletak pada busi, maka hendaknya menggantinya dengan segera. Hendaknya ketika menggantinya dengan busi yang direkomendasikan oleh pabrikan motor itu sendiri. Sungguh dapat memicu bahaya apabila Anda menggantinya dengan busi yang tidak sesuai standar produk. Hal ini akan memperpendek umur busi, karena tidak sesuai dengan kondisi mesin, bahan bakar, dan pengapian.
Demi menghidari kerusakan busi, maka hendaknya Anda menghindari untuk menerjang banjir yang cukup tinggi, karena bisa membuat busi basah. Dengan begitu, akan membuat motor Anda mogok, dan busi pun akan menjadi pendek umurnya.

Aki

Aki adalah komponen motor selanjutnya yang sering mengalami kerusakan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh kelebihan beban listrik, atau bisa juga aki basah yang tidak pernah dicek ketinggian airnya. Dengan begitu, hendaknya Anda mengurangi beban kelistrikan agar aki tidak terkuras cepat. Jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa mengubah sistem kelistrikan motor Anda menjadi sistem fullwave supaya pengisian ke aki menjadi lebih besar dan tidak cepat habis.

Comments