Kamu Suka Nuuget? Yuk Belajar Bikin Sendiri di Rumah!


Nugget yang sering kita peroleh di supermarket, seperti nugget ayam merupakan salah satu menu favorit untuk di waktu-waktu tertentu. Misalnya dijadikan sebagai bekal anak pergi ke sekolah atau bekal suami bekerja di kantor. Nugget dapat dijadikan sebagai menu pelengkap makanan lainnya, atau juga dapat dicocol saus sambal sebagai camilan. Agar tidak merasa bosan dengan rasa nugget yang itu-itu saja, yuk bikin nugget sendiri dengan menambahkan sayur-sayuran agar makin sehat, serta cocok untuk menambah nafsu makan si kecil.
Nugget ayam dikenal memiliki rasa yang gurih dan lezat yang mampu menjadi daya tarik si kecil untuk mengonsumsinya. Namun, alangkah baiknya agar si kecil tidak terlalu sering mengonsumsi nugget ayam beku. Sebagai alternatif, maka dapat mencoba cara membuat nugget ayam di rumah dengan bahan terbaik. Tidak perlu bingung, berikut tips cara membuat nugget ayam di rumah.

Manakah bagian terbaik dari ayam yang dijadikan nugget?

Bagian daging ayam terbaik yang dijadikan nugget terletak pada bagian paha. Bagian paha ayam dikenal akan membuat rasa nugget yang dibuat menjadi lebih gurih. Apabila Anda ingin menambahkan bagian kulit ayam, maka hendaknya agar tidak mencampurkannya secara berlebihan atau asal-asalan, karena hal itu akan mengurangi tampilan nugget yang lezat dan menarik.

Bagaimanakah Suhu daging ayam yang tepat?

Ketika proses mencampur daging ayam, tepung terigu, serta telur untuk membuat nugget, hendaknya menggunakan daging ayam yang memiliki suhu cukup dingin. Mengapa demikian? Suhu dingin pada daging ayam akan membuat tekstur nugget ayam menjadi lebih renyah.

Proses pengadukan

Saat proses pengadukan, daging ayam perlu sesekali dibanting. Pengulenan dihentikan ketika tepung dimasukkan ke dalam adonan. Hindari pula mencampur tepung secara berlebihan karena akan membuat tekstur nugget ayam menjadi kurang lembut serta cenderung keras.

Pengukusan nugget ayam

Nugget harus dikukus dengan kondisi api sedang. Api yang terlalu kecil akan membuat tekstur nugget menjadi keras, sedangkan api yang terlalu besar akan membuat tampilan nugget menjadi keriput.

Proses panir nugget

Tepung panir merupakan kunci utama pada tampilan nugget buatan Anda. Setidaknya, ada tiga jenis tepung panir yang dapat dicampurkan agar menghasilkan nugget yang menggugah selera makan. Pertama, tepung panir kasar agar tekstur nugget renyah. Kedua, tepung panir halus agar hasil proses panir menjadi lebih rata. Ketiga, tepung panir oranye untuk menghasilkan nugget ayam yang berwarna menarik. Untuk proses panir terbaik, gulingkan adonan nugget ayam ke dalam tepung panir, kemudian celupkan dalam putih telur, dan gulingkan lagi ke dalam tepung panir.

Comments