5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Kosmetik Halal


Bagi umat muslim, memilih produk halal merupakan faktor yang paling penting, termasuk untuk memilih berbagai produk yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari produk makanan, pakaian, hingga kosmetik, semua harus dipastikan dan kehalalannya agar Anda tidak terhindar dari produk-produk dengan kandungan yang tidak diperbolehkan dalam Islam. 
Agar bisa memilih kosmetik halal untuk kebutuhan kecantikan Anda, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Periksa label halal atau sertifikasi halal

Untuk mendapatkan predikat halal, setiap kosmetik yang dijual di pasaran harus mendapat sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Sertifikasi halal akan diberikan pada produk kosmetik dengan mempertimbangkan bahan, proses produksi, dan juga pengemasan. 
Label halal ini biasanya tertera pada bagian kemasan kosmetik dan bisa dengan mudah Anda lihat. Jika Anda tidak bisa menemukan label halal yang tertera pada kemasan, Anda bisa menanyakannya pada produsen produk tersebut mengenai sertifikat halal yang dimiliki oleh produk. Anda juga bisa mengecek status halal tidaknya sebuah produk melalui website MUI secara online

Periksa kandungan bahan dari produk tersebut

LPPOM MUI akan menentukan produk halal atau tidak dari bahan kandungannya. Hal ini juga berlaku untuk kosmetik. Maka, selain memeriksa label halal yang tertera pada kemasan, Anda juga perlu meneliti lebih lanjut kandungan produk tersebut dari daftar komposisi yang tertera. Pastikan tidak ada kandungan dari bahan-bahan non halal yang menjadi komposisi dalam produk kosmetik yang Anda pilih. 
Bahan-bahan yang perlu Anda hindari karena masih diragukan kehalalannya. Diantaranya seperti lemak dan segala turunannya yang berasal dari hewan yang diharamkan, kolagen atau elastis yang berasal dari hewan yang diharamkan, ekstrak plasenta yang berasal dari manusia atau dari hewan yang diharamkan, gelatin dan civet dari kelenjar-kelenjar, serta amnion yang berasal dari hewan yang diharamkan. 

Perrhatikan proses produksinya

Selain dari kandungan, proses produksi suatu produk juga dapat menentukan apakah produk tersebut halal atau tidak. Akan lebih baik jika Anda bisa mencari tahu lebih lanjut terlebih dahulu proses produksi kosmetik tersebut sebelum Anda memilihnya. 
Kosmetik ataupun produk lain yang diproduksi dengan cara yang tidak halal akan membuat produk yang dihasilkan juga menjadi tidak halal. Salah satu cara untuk melihat proses produksi kosmetik tersebut adalah dengan mengunjungi websitenya. 

Memilih produsen yang terdaftar

Saat ini banyak para produsen-produsen curang yang menipu para konsumen dengan mencantumkan label halal pada kemasan produk mereka. Padahal mereka belum terdaftar secara resmi dan belum mendapat sertifikasi halal dari MUI. 
Agar Anda terhindar dari teknik curang para produsen ini, pastikan Anda memilih kosmetik yang berasal dari produsen-produsen yang telah terdaftar secara resmi. Hindari membeli kosmetik dengan merk yang tidak jelas untuk mencegah Anda mendapat produk kosmetik yang belum halal. 

Perhatikan kandungan alkohol

Alkohol merupakan salah satu produk yang umum ditemukan dalam pembuatan kosmetik. Namun, menurut MUI, alkohol yang tidak diproduksi dari industri arak dan digunakan untuk kebutuhan kosmetik dan perawatan tubuh memiliki hukum yang halal, baik alkohol tersebut diperoleh dari hasil fermentasi ataupun sintesis kimiawi. Alkohol pada kosmetik halal digunakan asalkan tidak membahayakan bagi kesehatan. 
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak memilih produk halal, terutama untuk produk kosmetik. Dengan mengetahui kehalalan kosmetik tersebut, Anda akan lebih tenang menggunakannya. 
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar