Niat Dan Cara Benar Shalat Tarawih Berjamaah Di Rumah

Salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan disetiap malam dibulan Ramadhan adalah Shalat Tarawih. Jika pada tahun tahun sebelumnya, biasanya umat muslim melaksanakan shalat tarawih di masjid secara berjamaah. Tetapi karena saat ini belum meredanya pandemi virus corona (Covid-19) di Tanah Air, menyebabkan Pemerintah menghimbau seluruh umat muslim untuk melaksanakan shalat tarawih di rumah masing masing. 

Meski adanya anjuran untuk tidak melaksanakan shalat tarawih di masjid secara berjamaah, tetapi mereka umat muslim di Indonesia masih bisa melaksanakannya di rumah masing masing berjamaah bersama keluarga. Untuk melaksanakan shalat tarawih di rumah secara berjamaah diperlukannya seorang imam yang memimpin shalat dan makmum. Sedangkan untuk masalah niat, adanya perbedaan antara bacaan bagi yang bertindak sebagai imam dan makmum dalam shalat tarawih. 

Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini bacaan niat sebagai imam dan makmum dalam shalat tarawih diantaranya yaitu :
  1. Bacaan Niat Sebagai Imam Dalam Shalat Tarawih
    Saat bertindak sebagai imam atau pemimpin dalam shalat tarawih, maka baca niat dibawah ini : “Ushalli sunnatat taraa wii hi rak’atayni mustaqbilal qiblati adaa ‘an imaa man lillaa hi ta’aa laa.” 
    Artinya : “Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”
  2. Bacaan Niat Sebagai Makmum Dalam Shalat Tarawih
    Tetapi saat bertindak sebagai makmum dalam shalat tarawih, maka baca niat dibawah ini :
    “Ushalli sunnatat taraa wii hi rak’atayni mustaqbilal qiblati adaa ‘an ma’muu man lillaa hi ta’aa laa.”
    Artinya : “Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”
    Bacaan niat imam dan makmum diatas untuk shalat tarawih yang dilaksanakan 2 rakaat dengan 1 kali salam sebanyak 10 kali atau 20 rakaat. 
  3. Tata Cara Shalat Tarawih Berjamaah Di Rumah
    Memang selama ini adanya perbedaan pendapat ulama tentang jumlah rakaat dalam shalat tarawih. Ada yang berpendapat melaksanakan shalat tarawih sebanyak 8 rakaat, tetapi ada juga yang berpendapat sebanyak 20 rakaat. Dimana kedua pendapat tersebut memiliki dalil yang sama kuatnya. 
Biasanya shalat tarawih 8 rakaat dilaksanakan dengan mengerjakan shalat 4 rakaat dengan sekali salam sebanyak 2 kali. Sedangkan untuk shalat witirnya dilaksanakan 3 rakaat sekali dengan 1 kali salam tanpa tasyahud awal. Sedangkan dalil shalat tarawih 20 rakaat dalam buku Saku Ramadhan karya Ma’ruf Khozon, merujuk kepada riwayat 4 tabiin yaitu Said bin Yazid, Yazid bin Rauman, Yahya nin Said al-Qathan, dan Abdul Aziz bin Rafi’. 

Berikut dibawah ini urutan cara shalat tarawih berjamaah yang benar di rumah :
  • Mengucapkan niat shalat tarawih sesuai dengan posisinya, apakah bertindak sebagai imam atau makmum.
  • Membaca niat dalam hati saat takbiratul ihram.
  • Mengucapkan takbir saat takbiratul ihram. 
  • Membaca surat Al-Fatihah, setelah itu membaca salah satu surat dalam Al-Quran.
  • Rukuk.
  • Itidal.
  • Sujud pertama.
  • Duduk diantara dua sujud.
  • Sujud kedua.
  • Duduk sejenak atau duduk istirahat sebelum bangkit atau berdiri untuk mengerjakan shalat rakaat kedua.
  • Bangkit dari duduk untuk mengerjakan shalat rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama, dimulai dari membaca surat Al-Fatihah hingga sujud kedua). 
  • Duduk tasyahud akhir lalu mengucapkan salam pada shalat rakaat kedua atau rakaat keempat. 
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar