Apa Itu Affiliate Marketing dan Keuntungan Menjalankan Bisnis Ini

Perkembangan internet dan segala aspeknya tak bisa dipungkiri banyak membawa keuntungan dan kemudahan. Salah satu yang sedang menjadi trend saat ini adalah kemudahan mendapatkan penghasilan dari internet. Contohnya adalah dengan menjalankan affiliate marketing. Bisnis dijalankan dengan prinsip menjual barang ataupun jasa untuk mendapatkan komisi. Artinya, untuk mendapatkan komisi, kamu dituntut untuk bisa menjual barang atau jasa yang dibuat orang lain.

Keuntungan Bisnis Affiliate Marketing

Pada dasarnya model bisnis ini sama dengan kamu mempromosikan produk atau jasa orang lain kemudian mendapat komisi karena berhasil mempromosikan sehingga barang atau jasa tersebut dibeli oleh konsumen. Pelaku bisnis ini tidak terbatas pada individu saja, karena kelompok maupun perusahaan pun bisa termasuk dalam kelompok affiliate. Jika berminat, siapapun bisa menjadi pihak affiliate. Dengan menjadi affiliate, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti:

 

1.  Bisa Menjadi Sumber Passive Income

Dengan menjalankan model bisnis affiliate marketing ini, keuntungan paling utama tentu saja menambah income kamu. Lebih tepatnya passive income, dimana dari satu postingan yang kamu buat untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa lalu produk tersebut terjual, kamu akan mendapatkan komisi sebagai income. Atau misal promosi kamu lakukan melalui website. Maka setiap ada orang yang klik iklan tersebut sudah bisa dipastikan income kamu semakin bertambah. Jika berlangsung terus menerus hal ini tentu bisa memberikan keuntungan jangka panjang untuk kamu.

 

2.  Proses dan Persyaratan Mudah

Semakin banyaknya jasa affiliate marekting ini dibutuhkan, maka semakin banyak pula perusahaan yang menawarkan jasa penyedia affiliate. Kalau kamu berminat untuk bergabung di dalamnya, kamu tak perlu khawatir karena proses dan persyaratan yang diajukan, meskipun setiap perusahaan menerapkan persyaratan berbeda, namun secara umum proses dan persyaratannya mudah. Jadi siapapun bisa menjadi affiliate untuk mempromosikan produk dan barang dari client.

 

3.  Tidak Ada Batasan pada Satu Affiliate Marketing Saja

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi affiliate adalah kamu bisa bekerja tidak hanya terbatas pada satu perusahaan saja. Kalau bekerja menjadi affiliate di satu perusahaan saja dirasa kurang, kamu masih bisa mendaftar untuk menjadi afiliasi di perusahaan lain. Namun tetap, kamu harus bijak dan pilih perusahaan dengan persyaratan yang tidak saling berbenturan. Dengan begitu income yang kamu dapatkan pasti bertambah.

 

4.  Jam Kerja yang Lebih Fleksibel

Selanjutnya jika bisnis yang kamu jalankan ini sudah cukup stabil, mau menjadikannya sebagai penghasilan utama pun tidak akan jadi masalah. Jika sudah demikian, maka keuntungan selanjutnya dari menjalankan bisnis affiliate marketing ini adalah kamu bisa bekerja dengan jam kerja yang lebih fleksibel.

 

5.  Modal Lebih Sedikit dengan Resiko Minim

Tidak seperti menjalankan bisnis lain yang membutuhkan modal banyak, menjalankan bisnis ini justru tidak membutuhkan modal yang besar. Ada kalanya kamu membutuhkan modal apabila dari pihak merchant atau pemilik brand mengharuskan kamu membeli produknya. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk semua merchant. Jadi, kamu tidak membutuhkan modal banyak. Selain itu, resiko dari menjalankan bisnis ini pun terbilang kecil. Maka tak heran jika saat ini banyak yang berminat untuk menjadi affiliate atau membuat bisnis afiliasi sendiri.

Nah, demikian tadi penjelasan keuntungan yang bisa didapat dari menjalankan bisnis affiliate marketing. Dari penjelasan tersebut, kamu jadi tahu bukan bahwa mendapatkan penghasilan di era kemajuan teknologi seperti saat ini tidaklah sulit. Model bisnis ini salah satu yang bisa kamu coba.

Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar